Minggu, 03 Mei 2009

BASMI KEPUTIHAN SELAMANYA

Apa yang ampuh bagi seseorang mungkin tidak pas untuk yang lain. Ini caranya melawan keputihan:

Pertama, lakukan sedikit perubahan: Guna-kan shower ketimbang berendam dalam bak mandi, dan pakailah celana dalam dari katun.

Jika cara ini tidak berhasil, “pastikan infeksi Anda akibat bakteri,” kata Steven Sondheimer, M.D., profesor obstetri dan ginekologi di University of Pennsylvania. Kunjungan ke dokter bisa mendeteksi apakah Anda menderita bacterial vaginosis, penyakit menular kelamin (seperti trichomoniasis atau chlamydia), atau reaksi alergi terhadap produk tertentu. Bila penyebabnya diketahui, bekerjasamalah dengan dokter untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Beberapa tindakan lain:

Lakukan pemeriksaan diabetes
Kadar gula darah yang tinggi bisa memicu infeksi, serta berdiet dan berolahraga adalah solusi efektifnya. Bila kadar gula darah normal, membatasi asupan gula selalu bermanfaat.

Cek siklus haid Anda
Fluktuasi hormon tepat sebelum haid merupakan penyebab yang umum. Mengganti alat kontrasepsi bisa juga menolong. Alat kontrasepsi yang bisa melepaskan hormon estrogen dan progesteron secara perlahan, misalnya, bisa meningkatkan jumlah bakteri ‘baik’ dalam vagina, dan mengusir yang jahat.

Coba pengobatan lain
Berbagai kemungkinan termasuk: Terazol, obat yang dimasukkan ke dubur dan/atau krim yang lebih kuat dari jenis yang dijual bebas; pemakaian obat antijamur selama seminggu (semacam Diflucan) untuk mencegah kemungkinan kambuh; atau pengobatan dengan boric-acid (dimasukkan ke dalam dubur) untuk menjaga keseimbangan pH tubuh Anda.

Yang tidak bakal mempan: Diet yang sering direkomendasikan, seperti mengonsumsi lebih banyak yogurt, menelan pil acidophilus, atau mencoret makanan yang mengandung ragi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar