Kamis, 07 Mei 2009

KIAT MELAWAN PILEK

Cara ampuh menangkis virus pilek

Selamat datang musim pilek– begitu anak Anda membawa pulang satu atau dua virus nakal yang entah diperolehnya dari mana. Ini caranya untuk tetap sehat, meski gejala awal sudah menyerang:

  • Kurangi aktivitas. Beristirahat lebih banyak akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lupakan rencana me-rapikan meja dapur selama beberapa hari.
  • Konsumsi seng. Kalau Anda mengonsumsinya dalam 24 jam setelah tenggorokan mulai gatal, ternyata ini terbukti bisa mempersingkat durasi gejala pilek hingga beberapa hari. Sayangnya, permen pelega tenggorokan dari seng terasa tak enak dan menimbulkan sensasi serasa ‘terbakar’. Tanyakan pada dokter kemungkinan untuk mendapat obat lain yang juga mengandung seng. Untuk vitamin C dan echinacea, penelitian terbaru belum bisa membuktikan bahwa bahan ini bisa menumpas pilek.
  • Minumlah air putih dan jus. Memang sih, belum ada penelitian yang membuktikan, memperbanyak minum cairan bisa mempersingkat masa sakit Anda, tapi sebagian besar dokter tetap menganjurkannya. Cairan yang hangat-hangat, seperti teh jahe dan sup ayam, bisa membantu melonggarkan hidung yang tersumbat. Menambahkan bawang atau lada dalam sup Anda akan memberikan energi ekstra dalam menghilangkan sumbatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar